4+ Pengertian Bonus Demografi Menurut Para Ahli

Pengertian Bonus Demografi Menurut Para Ahli

Pengertian bonus demografi memang belum banyak orang yang mengetahui, bahkan ketika penulis bertanya kesebagian orang, baik dalam pergaulan atau dalam menempuh pendidikan masih banyak orang yang tidak mengetahui, apa itu yang dimaksud Bonus Demogarfi?.

Melalui artikel yang berasal dari berbagai literatur, penulis disini akan membagikan apa itu yang dimaksud dengan Bonus Demografi. Agar kiranya bagi kebanyakan pembaca dapat sedikit memahami apa defenisi dari bonus demografi.

Pengertian Bonus Demografi Menurut Para Ahli

  1. Menurut Wongboonsin (2003), dalam paparan kepala BKKBN Nasonal Prof. dr. Fasli Jalal, PhD, SpGK di Univeritas Undayana Provinsi Bali. Mengartikan bonus demografi (demographic dividen) sebagai keuntungan ekonomis yang disebabkan oleh menurunnya sebuah rasio ketergantungan sebagai hasil penurunan fertilitas jangka panjang. Fartilitas disini bisa dikatakan sebagai kemampuan riil seoarang wanita untuk melahirkan (Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ; 1981)
  2. Menurut Tifatul Sembiring (Kominfo, 2014), mengartikan bonus demografi sebagai keadaan dimana struktur penduduk didominasi oleh mereka yang berusia produktif (15 -64 Tahun) sehingga keadaan ini tentu akan sangat langka dialami oleh suatu Negara, bahkan kata Tifatul Sembiring, peluang bonus demografi hanya sekali datang dalam seumur bangsa yang ada diseluruh dunia.
  3. Menurut BKKBN (2013) pengeratian bonus demografi adalah keuntungan yang dinikmati suatu negara yang ada di dunia ini sebagai akibat dari besarnya proporsi penduduk produktif (rentang usia 15-64 tahun) dalam evolusi kependudukan yang dialami oleh negaranya tersebut.
  4. Menurut Ilmu Ekonomi (2016), pengertian bonus demografi adalah fenomena penting yang di alami oleh suatu negara karena kondisi jumlah penduduknya yang dinilai bahwa usia produktif sangat besar, sedang proporsi usia belum produktif (usia muda di bawah 15 tahun) dan usia tidak produktif (usia di atas 60 tahun) sudah semakin kecil.
Menanggapi dua definisi diatas, bisa didapatkan parameter penting yang digunakan untuk mengartikan bonus demografi.

Parameter pertama tentang pengertian bonus demografi, memiliki arti dimana keadaan Negara yang menggambarkan perbandingan jumlah penduduk usia produktif (kurang dari 15 tahun dan lebih dari dari 64 tahun) lebih sedikit dan penduduk usia produktif (lebih dari 15 tahun hingga 64 tahun) lebih dominan.

Hal yang menjadi parameter kedua, dalam mengartikan bonus demografi sebagai keadaan ekonomis yang dinilai menjadi jendela kesempatan “bonus demografi” sehingga akan membawa dalam keuntungan (demographic dividen) atau bisa pula menjadi beban demografi (demographic Burden).

Demikian Pengertian Bonus Demografi Menurut Para Ahli, semoga dengan cara memahami Pengertian Bonus Demografi Menurut Para Ahli ini, kita akan mempersiapkan bonus demografi dimasa yang akan datang dengan penuh semangat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4+ Pengertian Bonus Demografi Menurut Para Ahli"